Resep Kue Bika Ubi Khas Medan

Resep Kue Bika Ubi Khas Medan Spesial

Kue Bika Ubi atau ada juga yang menyebut nya dengan Bika Singkong adalah jenis bika yang lain yang bisa kita beli, jika kita berbelanja buah tangan (oleh-oleh) khas Medan. Di Medan sendiri Bika Ubi Bintang sangat terkenal. Berada di tengah-tengah jajaran Bika Ambon, menyebabkan Bika Ubi Bintang ini lain daripada yang lain. Jika kita membeli Bika Ubi Panggang ini sebelumnya kita harus tau kisaran waktu mereka membuat nya. Karena tidak jarang banyak yang kecewa karena tidak kebagian Bika Ambon Ubi ini.
Beda dengan bika ambon biasa yang selalu ready stock. Tapi ternyata memasak bika ubi panggang ini tidak la sesulit apa yang kita pikirkan. Malah terbilang mudah. Apalagi bahan baku hanya menggunakan ubi atau singkong yang mudah kita dapatkan dimana-mana. Jadi jika kita peminat bika ambon, yuk kita coba membuat Bika Ambon Ubi ini.
Bahan
800 gr ubi kayu parut
220 gr gula pasir
300 ml santan yang telah dimasak
1 btr telur 
3 btr telur ambil kuningnya saja kemudian kocok lepas
50 gr Margarin cairkan terlebih dahulu
125 ml susu cair
1/2 btg keju, parut terlebih dahulu untuk topping atas nya (jika suka)
Garam secukupnya
Madu secukup nya untuk bahan olesan bagian atas nya
Esens vanili secukupnya
Pewarna kuning makanan

Cara membuat Kue Bika Singkong




Setelah itu kita peras parutan tadi dan jangan lupa disaring menggunakan saringan halus. Kemudian masukkan hasil perasan tadi kedalam mangkokl,lalu sisihkan singkong parut.
Lalu kita diamkan air perasan singkong tadi  selama lebih kurang 10-15 menit. Saat muncul permukaan atas nya  perlahan-lahan buang bagian permukaannya, hingga yang tersisa hanya pati singkong nya saja ang berada dibawah mangkok. Buang air perasan singkong yang telah kita pisahkan dengan pati nya tadi supaya tidak menimbulkan rasa pahit pada bika ubi nya
Kemudian campurkan pati ubi nya tadi dengan gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna lalu masukan kedalam satu wadah sampai berbentuk adonan.
Sekarang kita akan memanggang bika ubi panggang nya. Pertama kita olesi loyang bisa berbentuk bulat ataupun yang bentuk lain nya. JIka kita ingin membuat banyak bisa kita gunakan loyang berukuran yang lebih kecil. Gunakan margarin untuk olesan loyang nya, oleskan tipis dan merata.
Lalu masukkan adonan kedalam masing-masing loyang yang telah kita olesi margarin tadi, kemudian ratakan permukaan adonan dengan menggunakan sendok, setelah rata kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu gunakan suhu 180 derajat celcius. Panggang  adonan bika ubi kayu selama lebih kurang 45-60 menit. Sebelum nya, jika adonan sudah berubah warna saat di panggang, angkat keluar terlebih dahulu, lalu olesi tipis bagian adonan dengan madu dan taburan keju parut bagian atas. Kemudian panggang kembali hingga matang dan berwarna kecoklatan. 
Setelah matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Jangan memotong bika ubi dalam keadaan masih panas, karena akan menghancurkan bika nya, karena mendinginkan nya terlebih dahulu adalah bagian untuk memadatkan bagian dalam bika nya. Setelah dingin potong sesuai keinginan. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membakar Ubi dengan Arang

Cara Membuat Pisang Goreng Kriuk Crispy dan tahan lama

Resep Pisang Goreng Renyah dan Garing