cara memasak cah kangkung agar tetap hijau

Kalau untuk bumbunya pasti sudah tahu ya? Soalnya yang menemukan permasalahan ini, setidaknya sudah pernah memasak oseng kangkung, bahkan mungkin sudah beberapa kali mencoba. Hanya saja kok tampilan saat matang tak sesegar saat jajan di resto?
Biasanya, biang dari masalah ini ada pada saat proses masak.
Jadi, pertama-tama tuang bawang dan cabe ke dalam wajan. Tunggu hingga harum. Tahap ini sudah tahu dong yaa…
Nah, setelah ini adalah memasukkan sayuran kangkung ke wajan bukan?
Di sinilah intinya.
Penyebab kangkung kuning, setelah dimasukkan ke wajan, banyak yang dioseng saja dan ditunggu agar layu. Setelah layu, baru diberi air.
Jika tidak ingin kuning, balik prosesnya. Jadi setelah dimasukkan ke wajan, segera tambahkan sedikit air sekiranya cukup untuk membasahi kangkung. Sedikit saja ya, jangan banyak-banyak lhoh nanti jadi kolam renang.
Bolak baliklah agar sayuran matang merata. Agar lebih cepat matang, bisa di tutup sekitar lima menit. Setelah itu, buka tutupnya lalu tunggu hingga matang. Dengan cara ini, masakan oseng kangkung bisa tetap segar namun matang merata.
Ohya, untuk takaran bumbu seperti garam dan penyedap rasa sengaja tidak dijelaskan detail karena asumsinya teman-teman sudah tahu bumbunya. Permasalahannya hanya agar sayuran matang tapi tetap segar bukan?
Nah, sebenarnya perbedaannya sangat kecil bukan? Hanya tentang pemilihan waktu saat penambahan air. Hehe. Semoga cara membuat tumis kangkung agar tetap hijau ini bisa membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membakar Ubi dengan Arang

Cara Membuat Pisang Goreng Kriuk Crispy dan tahan lama

Resep Pisang Goreng Renyah dan Garing